REALTIME SAYA TAK BEKERJA SAAT MEMBACA BUKU INI


Judul Buku                  : Trik Juara Mengatur Waktu
Jenis                              : Pengembangan Diri
Penulis                         : Zivanna Letisha
Penerbit                      : Gagas Media
Cetakan                       : Pertama, 2016
Tebal                            : xiv + 198 halaman
ISBN                             : 979-780-858-0
Peresensi                    : Stebby Julionatan

Waktu memiliki dua satuan, satuan yang tertera pada jam dinding dan satuan yang sebenarnya. Satuan yang tertera pada jam dinding (clock time) adalah satuan waktu seperti yang biasa kita ketahui –ada detik, menit dan jam. Sedangkan satuan sebenarnya (real time) adalah satuan waktu yang begitu relatif. Setidaknya hal itulah yang disampaikan oleh Zivanna dalam buku keduanya, Trik Juara Mengatur Waktu.

Ya, pernahkah kita menyadari, perkuliahan yang hanya berlangsung 30 menit tapi berasa 2 jam? Atau saat menonton 2 jam pertunjukan musik tapi kita merasa sebentar, hanya 30 menit? Hal itulah yang dijelaskan oleh Zivanna sebagai real time. Yakni waktu yang tidak berpatokan pada angka-angka (detik, menit atau jam tadi) melainkan pada seberapa banyak waktu yang berlalu saat kita melakukan sebuah kegiatan. Dan, bagi Putri Indonesia 2008 ini, waktu real time itulah yang harus kita atur.

Lantas pertanyaannya, bagaimana cara kita mengatur waktu?

Sebelum saya menjawab pertanyaan tersebut, berdasarkan buku Zizi tentunya, ada baiknya saya sampaikan dahulu, bebarapa alasan saya, mengapa kita perlu membaca buku ini.

Pertama, ini awal tahun. Waktunya kita membuat resolusi. Maka buku ini tepat untuk mendampingi kita membuat perencanaan dan gol-gol pencapaian di sepanjang tahun berjalan.

Kedua, khususnya untuk generasi muda, buku ini membantu kita mengatur waktu untuk lebih produktif. Memanfaatkan waktu seminimal mungkin untuk mencapai kesuksesan. Tak hanya di weekday, tapi juga weekend.

Dan ketiga, contoh-contohnya sederhana dan mudah diikuti. Bahkan di tiap bab Zizi membagikan pengalamannya dalam mengolah waktu. Termasuk, which bird are we? Zizi menjelaskan kita termasuk manusia mana, manusia pagi apa malam.

Sebagai seorang pribadi, ketokohan Zizi tak bisa dipungkiri. Sebagai seorang Puteri Indonesia, caranya mengatur waktu pastinya sudah teruji. Apalagi saat dia dituntut mewakili Indonesia dalam ajang kecantikan sejagad, Miss Universe di tahun 2009. Antara kuliah, bekerja dan berkonsentrasi di ajang internasional tentunya menuntut penyelarasan yang aduhai beratnya.

Ya, bagi seorang Zizi, hal pertama yang perlu kita lakukan agar sang waktu mau takluk di hadapan kita adalah mengenali kelemahan kita: Hal-hal apa saja sih yang membuat waktu kita terbuang dan kita tidak menjadi produktif? Lalu, mulai mengaturnya dengan melatih kebiasaan-kebiasaan produktif, seperti: bangun pagi, mengatur meja kerja, menyempatkan diri untuk berdoa dan berolahraga di pagi hari, sarapan dan datang lebih pagi di tempat kerja.

Jujur, saya sendiri banyak mendapatkan manfaat dari buku ini. Setelah membaca tulisan milik sarjana lulusan FE UI ini, hidup saya lebih tertata. Saya lebih bisa menyelaraskan real time atau kebutuhan waktu saya untuk pekerjaan, pelayanan di gereja dan hobi saya menulis. Termasuk kebutuhan tubuh saya berolah raga.

Bagi saya kekurangan buku ini cuma satu. Kurang tebal! Hahahaha. Tak terasa, tiba-tiba saya sudah berada di halaman terakhir buku ini. Terbukti kan kalau realtime ‘rusak’ saat membaca buku ini. Wink! Finnaly, harapan saya, kalau saya saja mendapat banyak manfaat dari buku ini, kenapa Anda tidak membacanya dan mulai melakukan perubahan? Kita tentunya tak ingin menyesal di kemudian hari, bukan?

 

*) penulis adalah founder Komunitas Menulis (Komunlis) Probolinggo yang buku puisinya Biru Magenta menjadi nominator (5 besar) buku puisi terbaik Anugerah Pembaca Indonesia 2016 dan kumpulan puisi terbarunya Rabu dan Biru menjadi nominator (5 besar) Siwanataraja Award 2017 dan Buku Puisi Terpilih Dewan Kesenian Jawa Timur 2017.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s